Senin, 13 April 2020

Pertanyaan Multimedia interaktif


Assallamualaikum wr.wb.

Selamat datang di blog saya,,,

Ada pertanyaan pada saat saya PPG di UPI, pertannyaan dari dosen….

Tuliskan sebuah project multimedia interaktif yang sangat bermanfaat untuk dipakai di sekolah, jelaskan bagian interaktifnya di sebelah mana?!!!..

Jawaban saya seperti ini,

Pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia interaktif memiliki tujuan untuk membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar. Tenaga pendidik dapat melakukan sebuah inovasi dengan berpikir lebih kreatif agar perkembangan dari teknologi dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran yang menyenangkan. Penggunaan media pembelajaran, termasuk penggunaan multimedia interaktif akan mendukung keberhasilan pembelajaran, karena pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif dapat meningkatkan efisiensi, meningkatkan motivasi, memfasilitasi belajar aktif, memudahkan siswa untuk memahami konsep, konsisten dengan belajar yang berpusat pada siswa, dan memandu untuk belajar lebih efektif. Berdasarkan pengertian dari beberapa ahli, dapat diambil kesimpulan bahwa multimedia interaktif merupakan salah satu media pembelajaran berbasis komputer yang dapat difungsikan sebagai sarana untuk menyampaikan ilmu pengetahuan yang cukup efektif, karena dapat menyajikan materi secara visual dengan mengintegrasikan unsur teks, audio, video, grafik, dan animasi dalam satu kesatuan tampilan.
Project multimedia interaktif yang sangat bermanfaat untuk dipakai di sekolah, menurut saya dan telah dipakai oleh sekolah kami, ialah membuat media multimedia interaktif tentang pembelajaran E-learning, company profil dan CD interaktif. Media multimedia pembelajaran didalamnya menggabungkan beberapa item multimedia seperti teks, suara/audio, efect, video, animasi dan lain-lain, sehingga pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton. Selain itu juga, Project multimedia interaktif juga sangat bermanfaat apabila di dukung sarana dan prasarana dan sebagai sarana pendukung untuk terciptanya pembelajaran yang efektif, membantu pendidik agar lebih kreatif dalam menyampaikan dan merancang pembelajaran, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, kemauan belajar peserta didik dan dapat berperan sebagai salah satu sumber belajar mandiri bagi peserta didik, sehingga multimedia interaktif secara sengaja bertujuan untuk memusatkan perhatian peserta didik terhdap materi yang sedang dipelajari dan dapat diterima dengan baik oleh peserta didik.
bagian interaktif  pada project ini, fungsi pembelajaran interaktifnya pada view juga content pada media tersebut, dan disertai tombol navigasi untuk mempermudah peserta didik dan Umum belajar secara mandiri, bahkan project multimedia interaktif ini dapat melengkapi dan berfungsi sebagai informasi, interaksi dan penggati guru sebagai sumber belajar. Contoh yg telah di project : game interaktif, dapat dikembangkan lagi dengan variasi yang lebih menarik dan tidak membosankan, namun tetap menyesuaikan karakterisktik mata pelajaran dan karakter siswanya. 



Wassallamualaikum wr.wb
Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar